2 Aspek Penting Dalam Menentukan Sebuah Nama Domain

cheap_domain_registration

Ketika anda memulai sebuah website baru, salah satu keputusan pertama dan paling penting adalah Anda harus memilih nama domain. Pilihan nama domain akan mempengaruhi kesuksesan sebuah website di hampir setiap aspek, termasuk Search Engine Optimization (SEO) dan Social Media Marketing.

Saat ini masih banyak orang yang belum mengerti apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih sebuah domain. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai dua aspek penting dalam menentukan sebuah nama domain.

Menggunakan keyword pada nama domain

Selama bertahun-tahun, para pakar SEO dan pemasaran sering membeli domain yang mengandung keyword yang diinginkan dalam rangka meningkatkan peringkat pada mesin pencari. Banyak dari mereka yang membeli domain yang sama persis dengan keyword yang mereka gunakan. Seperti contohnya, jika mereka ingin menggunakan kata kunci ‘toko online’ maka mereka pun juga menggunkana domain tokoonline.com. Hal seperti ini memiliki beberapa keuntungan, yang pertama keberadaan keyword dalam sebuah domain itu sendiri sebenarnya sudah merupakan salah satu faktor peringkat. Kedua, keberadaan keyword dalam sebuah domain akan mendorong para webmaster lain untuk menyertakannya.

Memilih domain yang brandable

Memiliki nama domain yang sesuai dengan keyword memang menawarkan beberapa manfaat, tetapi ada juga alternatif lain yang bisa anda pertimbangkan, yaitu menggunakan domain yang brandable. Sebuah brand dari suatu bisnis sangatlah penting, dan nama domain Anda adalah sebuah pondasi untuk membangun sebuah brand online.

Nama domain akan digunakan oleh user untuk menemukan, mengingat, berbagi dan mengidentifikasi bisnis anda secara online. Baik dalam sosial media ataupun mesin pencari, nama domain adalah cara utama dimana user dapat mengidentifikasi sebuah link. Saat ini masih banyak orang yang berpikir bahwa SEO hanyalah mengenai keyword dan link saja, namun kenyataannya Google sebenarnya juga menyukai sebuah brand. CEO Google, Eric Schmidt pernah menyatakan bahwa brand adalah sebuah solusi, bukan masalah. Karena brand sangat meyakinkan para pelanggan.

Memilih nama domain bisa menjadi sebuah hal yang sedikit rumit. Dalam beberapa kasus, banyak nama domain yang sudah digunakan dan akan mahal untuk membelinya. Yang anda b utuhkan adalah diskusikan selalu pemilihan nama domain bersama dengan tim Anda untuk menemukan beberapa ide. Dan selalu yakinkan bahwa nama domain yang Anda pilih akan mendatangkan keuntungan bagi bisnis Anda.

Anda bisa mengetahui tentang hosting murah di sini ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *