7 Alasan Penting Kamu Perlu Video Marketing

apps-para-video-marketing

Video marketing adalah suatu hal masih jarang disentuh dalam strategi berbisnis, karena sering dianggap sebagai strategi yang merugikan jika harus bersaing secara langsung dengan kompetitor yang menggunakan strategi marketing yang efektif ini. Dengan adanya teknologi saat ini, seseorang dengan tingkat kemampuan seberapapun bisa-bisa saja mencitpakan video yang profesional dan efektif untuk perusahaan mereka, produk dan servis, menjadi suatu hal yang sangat penting dalam dunia marketplace saat ini.

  1. Audiens Menyukai Video

Tak diragukan lagi, masyarakat kita sudah sejak lama memiliki preferensi untuk menonton video, jika harus memilih antara video dengan ratusan teks. Mengapa? Video mampu memberikanmu informasi dengan cepat, dan singkat. Membaca ratusan deret teks di layar komputer akan membuat mata jengah yang disertai dengan sakit kepala, di mana hal itu akan membuat calon pelangganmu enggan membaca sales copy yang sudah kamu rancang. Satu video simpel akan lebih mudah ‘dicerna’ dibandingkan teks yang panjang, video juga menjadi sebuah peluang bisnis, yang akan dibahas selengkapnya dalam artikel ini.

  1. Pelanggan Bisa Melihat Langsung Wujud Produk atau Servis

Satu kendala besar yang dialami bisnis di internet adalah user tidak bisa berhubungan langsung denganmu. Kamu hanyalah serangkaian kata-kata dalam halaman di komputer mereka. Setiap produk atau servis yang kamu promosikan hanyalah kalimat dalam layar dan gambar-gambar yang ditunjukkan ke user.

Tapi melalui video kamu bisa merubah semuanya.

Sebuah video bisa memberikan gambaran 3D pada calon user tentang produk atau servis yang kamu jual. Mereka bisa melihat bagaimana cara kerjanya. Bagaimana produk tersebut dilihat dari berbagai sudut. Video menampilkan sebuah aksi yang membantu mereka memvisualisasikan diri mereka sedang menggunakan produk atau mendapatkan servis tersebut. Studi riset internet menunjukkan bahwa produk dan servis yang memiliki video marketing memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi dibandingkan brand yang tidak. Jika kamu ingin meningkatkan penjualan, maka kamu memerlukan video.

  1. Video Membangun Rasa Percaya

Hal ini masih berhubungan dengan poin #2. Calon usermu yang bisa melihat produk, servis, atau bahkan wajah dari orang di belakang perusahaan dalam video akan menciptakan rasa percaya dengan instan di mana hal itu tidak bisa dilakukan oleh teks dan gambar. Sebuah video membuat mereka merasa mengenalmu secara langsung. Biasanya orang akan melakukan pembelian dari orang yang mereka kenal/ketahui. Secara psikologis, calon pembeli akan membelanjakan uang mereka kepada orang yang mereka percaya daripada mendapatkan harga yang lebih terjangkau dari seseorang yang mereka tidak tahu.

  1. Video Akan Meningkatakan SEO

Apakah kamu ingin ranking situsmu di search engine segera menaik? Maka segeralah merancang kampanye video marketing. Studi menunjukkan bahwa mesin pencari akan mulai menilai dan menentukan ranking website melalui SEO yang ada di video marketing. Mesin pencari menempatkan lebih banyak lagi stok di dalam konten video dan mulai menyadari betapa penting dan berharganya video marketing bagi audiens.

Mencantumkan video dengan keyword yang serupa dengan artikel atau blog akan memberikan dorongan besar bagi ranking keyword tersebut. Kamu juga bisa menargetkan keyword yang jauh lebih panjang yang disertai dengan video, di mana hal tersebut tidak bisa dilakukan dengan mudah hanya melalui teks.

  1. Video Mudah Didistribusi

Membuat video marketing bisa dilihat di internet tak akan pernah semudah sekarang. Setelah video selesai diedit dan siap ditonton, kamu bisa menguploadnya melalui beberapa situs seperti YouTube, DailyMotion dan Vimeo (kamu bisa menggunakan tools seperti “TubeMogul” dan “Hey!Spread” untuk mendistribusikan video langsung ke beberapa situs video).

Lebih pentingnya lagi, video bisa dengan mudah ditambahkan ke dalam akun jejaring sosial perusahaan. Banyak audiens yang berbondong-bondong memenuhi media sosial dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber seperti Twitter, Facebook, dan Google+. Tambahkan 2 menit video marketingmu ke dalam situs media sosial dan pasti kamu akan mendapat banyak viewers. Nilai plus lainnya, jika video yang kamu buat cukup menarik, para viewers tak akan ragu untuk “share” videomu atau meretweetnya maka akan ada banyak viewers yang menontonnya dan mengenali brand, produk, atau servis bisnismu.

  1. Pengguna Smartphone Lebih Memilih Video

Saat ini hampir semua orang pasti memiliki smartphone. Pengguna smartphone ternyata memiliki habit yang berbeda dari mereka yang berselancar internet dari komputer atau laptop di rumah. Pengguna smartphone menginginkan informasi dengan CEPAT. Seperti yang disebutkan sebelumnya, video mampu menyampaikan pesat tentang produk, servis, atau perusahaanmu dengan cepat, sehingga pengguna smartphone dapat dengan mudah menjaring informasi yang mereka butuhkan melalui video.

Beberapa alasan lain mengapa kamu harus menyasar pengguna smartphone: mereka cenderung lebih sering menggunakan internet untuk melakukan investigasi sebelum membeli sebuah barang/jasa. Mereka akan melakukan penelitian secara menyeluruh tentang produk tersebut melalui internet smartphone. Mereka akan segera mengunjungi website, menonton video, dan membaca review atau testimonial, semua dilakukan dalam rentang waktu 2-5 menit, dan kemudian mereka akan dengan cepat memutuskan pembelian—jika mereka anggap produk/jasamu cukup worth untuk dibeli. Tidak ada tools yang lebih baik dari video untuk mempersuasi visitor menjadi pelanggan.

  1. Video Marketing Sangat Terjangkau

Membuat video marketing jaman sekarang bisa dibilang sangat-sangat mudah! Waktu pembuatan yang sangat fleksibel menguntungkan tentunya akan sangat menguntungkan kita. Kamu bisa melakukan produksi hanya dengan menggunakan handyca, untuk menunjukkan produk atau perusahaanmu, atau kamu bisa merogoh kocek jutaan rupiah untuk menyewa videografer profesional dalam pembuatannya. Namun sayangnya, semakin mahal dan profesional video yang dibuat tidak selalu menjamin hasil yang lebih efektif daripada video yang hanya dibuat menggunakan webcam. Jadi sebelum kamu menghabiskan uangmu untuk itu, pikirkan baik-baik pesan apa yang ingin disampaikan dan metode terbaik apa yang bisa mendukungmu dan bisnismu.

Setelah membaca artikel ini kamu pasti tak akan ragu lagi untuk menggunakan video marketing sebagai tools jitu menggaet konsumen. Dengan berbagai kemudahan yang ada, tak ada alasan untuk tidak mencobanya. Good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *