8 Aplikasi Marketing untuk Bisnis Kecil yang Bisa Dimanfaatkan

Mobile-App-Marketing-Part-2

Banyak para pemilik bisnis kecil yang mengalami perang batin jika dihadapkan pada masalah marketing. Mereka tahu bahwa mereka perlu melakukannya, namun dengan adanya berbagai jenis marketing dan pendekatannya membuatnya semakin rumit. Belum lagi bicara soal biaya, sebuah bisnis rintisan tentu memiliki kendala soal ini.

Padahal jika ditilik lebih jauh, berbagai kemudahan bisa kita dapatkan berkat adanya internet. Marketing di era digital sekarang tak harus membuat pelakunya pusing tujuh keliling karena biaya. Saat ini kita hidup dalam dunia penuh aplikasi. Kamu hanya perlu sedikit meluangkan waktu untuk mempelajarinya, dan voila! Semua masalah akan dengan mudah ditangani. Berikut ini adalah beberapa daftar singkat aplikasi marketing untuk bisnis kecil. Rata-rata semua aplikasi ini mampu mengerjakan pekerjaan marketing basic, dengan beberapa di antaranya yang ditambahkan dengan marketing outsourcing dan marketing project management.

 

  1. Trello

TrelloappADJ-300x201Marketing membutuhkan banyak pekerjaan tentang manajemen proyek. Trello akan membuatnya lebih mudah. Fitur yang akan sangat bermanfaat untuk pekerjaan marketing adalah checklist yang bisa kamu tambahkan dalam kartu. Jika kamu menambahkan sebuah checklist dalam pekerjaan marketing, kamu bisa menghemat waktu dan mengurangi resiko error. Aplikasi ini juga sangat bermanfaat untuk mengelola karyawan.

Beberapa checklist yang tersedia:

  • Menulis postingan blog
  • Scheduling update media social
  • Mengirimkan email update

 

  1. Yelp

Yelp-169x300Ada beberapa pemilik bisnis kecil yang bahkan merasa lebih penting memiliki akun Yelp daripada website mereka sendiri. Gambar di atas menjelaskan betapa pentingnya Yelp bagi bisnis lokal. Kamu bisa dengan mudah mengedit dan mengupdate akun Yelpmu. Selain itu kamu juga bisa mengecek dan merespon setiap review yang masuk.

 

  1. Facebook Pages Manager

FB_pages-169x300Jika bisnis kecil yang kamu rintis saat ini lebih pada jenis B2C (business to customer) dan bukannya B2B (business to business) maka tak ada aplikasi yang lebih penting yang harus kamu miliki selain Facebook. Hampir setiap konsumen mengharapkan brand-brand yang mereka konsumsi hadir dalam Facebook. Dengan adanya aplikasi ini dalam smartphone, kamu bisa dengan mudah mengupload foto-foto yang berhubungan dengan produkmu, atau mungkin melakukan branding image dengan menunjukkan kepuasan pelanggan akan produkmu.

  1. Twitter

Twitter-169x300Twitter memang bukan menjadi aplikasi terpenting bagi bisnis kecil, namun sebaiknya tetap menjadi bagian dari jejaring media sosialmu. Aplikasi ini sebaiknya dipertimbangkan karena selain populer, kamu bisa menyimpannya dalam smartphonemu.

  1. LinkedIn

LinkedInapp-180x300

Jika bisnismu adalah jenis bisnis B2B, maka LinkedIn adalah aplikasi yang tepat. Apakah itu ingin memfollow-up sebuah diskusi grup, atau sekedar menjaring calon-calon yang prospektif, ini adalah aplikasi menarik yang sebaiknya kamu miliki. Banyak sekali bisnis B2B yang berhasil mendapatkan klien kerja melalui LinkedIn. Semakin kamu aktif, kamu akan dengan segera menuai manfaatnya.

    1. Perka 

Perka-169x300Salah satu taktik marketing yang paling sering digunakan untuk bisnis lokal adalah program loyalti. Biasanya taktik ini akan dipenuhi dengan semacam punch cards seukuran kartu nama. Cara kerja mereka hampir mirip ketika kamu menukarkan/redeem voucher ketika akan membeli produk offline. Perka membuatnya menjadi digital. Ini akan sangat bermanfaat bagi bisnis yang memiliki program punch card.

Best part? It’s free.

      1.  Kanvas 

Kanvas-168x300Ini adalah aplikasi kreasi gambar yang paling basic, namun juga bisa dibuat overlays, kolase, gif animasi, video, drawing, serta slideshow, dan masih banyak lagi. Semua kontennya bisa diupload ke Facebook, Twitter, Instagram, Tumblr, YouTube dan platform lainnya. Jika kamu membutuhkan gambar atau video, kamu bisa menambahkan aplikasi ini dalam gadgetmu.

      1. Google My Business app

GoogleMyBusiness-on-the-go-213x300Tentunya kamu semua tahu betapa pentingnya Google dalam dunia perdigitalan. Terutama bagi bisnis kecil yang baru mulai membangun kehadirannya dalam dunia online. Jika kamu berhasil membuat reviewmu terlihat bagus dan situs Google My Business sudah diisi dengan benar. Aplikasi ini bisa melakukan semua hal mulai dari a-z melalui desktop. Sangat ampuh untuk mengecek profil, status, hingga review baru yang masuk.

Beberapa aplikasi di atas hanya beberapa dari daftar penting bagi mayoritas pelaku bisnis kecil, tidak semuanya. Apa kamu memiliki aplikasi marketing andalan? Silakan tambahkan di kolom komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *