9 Tips Memaksimalkan Fan Page Facebook

jejualan

Fan Page Facebook menjadi salah satu fitur favorit Facebook bagi para brand bisnis. Sebagai raksasa media sosial, Facebook memiliki lebih dari 1,4 milyar user aktif! Oleh karena itu wajib hukumnya bagi sebuah bisnis untuk aktif di media sosial terutama Facebook.

Fan Page Facebook selain bertujuan untuk lebih mendekatkan brand dengan konsumennya juga sangat berpeluang besar untuk menjaring konsumen baru melalui Facebook, namun itu hanya akan terjadi jika Fan Page Facebook dimaintain dengan baik. Jumlah likers dan engaged yang tinggi tidak bisa dibangun hanya dalam semalam. Untuk itu kamu bisa menilik beberapa tips berikut ini saat membuat halaman Facebook yang menarik.

1) Tambahkan profile picture yang mudah dikenali.

Tentu kamu ingin memasang foto profil yang mudah dikenali oleh fans/konsumen. Bisa berupa logo perusahaan (bagi sebuah brand) atau foto diri yang jelas bagi kamu seorang konsultan atau solopreneur. Dikenali oleh visitor penting agar kamu mudah ditemukan dan disukai (Like), terutama dalam kolom pencarian Facebook. Foto profil akan berada di bagian teratas halaman Facebook dan menjadi thumbnaik image yang akan ditampilkan pada setiap update yang kamu lakukan, jadi pilihlah dengan bijaksana.

Ketika memilih foto, ingat bahwa Facebook menentukan dimensi gambar sebesar 180 pixels by 180 pixels —  meskipun gambar akan ditampilkan dalam 160 pixels by 160 pixels di desktop komputer.

2) Pilih cover photo yang menarik.

Next, kamu perlu untuk memilih cover photo yang menarik. Karena cover photo berada di area yang cukup luas dan paling atas di halaman Facebook, pastikan kamu memilih yang berkualitas tinggi dan menarik bagi visitor. Ingat bahwa dimensi cover photo adalah 851 pixels wide by 315 pixel tall.

3) Tambahkan tombol call-to-action (CTA) pada cover photo.

Pada Desember 2014, Facebook meluncurkan fitur baru yang memungkinkanmu menambahkan satu dari tujuh pilihan tombol CTA ke dalam cover photo Fan Page Facebook. Beberapa pilihan tombolnya adalah: Sign Up,” “Shop Now,” “Contact Us,” “Book Now,” “Use App,” “Watch Video,” dan “Play Game”—tentu setelah itu kamu bisa mengaturnya dengan mengaitkannya dengan tujuan URL terkait. Ini adalah fitur yang sangat menguntungkan bagi para marketers untuk menarik traffic dari Fan Page Facebook ke website.

Untuk menambahkan tombol call-to-action ke dalam cover photo, klik tombol ‘Create Call-to-Action‘ dari opsi yang tersedia di cover photo. Kamu kemudian akan bisa memilih jenis kata-kata yang akan digunakan dan menambahkan URL yang diinginkan untuk mendirect visitor. Untuk mendapatkan data jumlah orang yang klik tombol tersebut, kamu bisa melihatnya di ‘View Insights.’

4) Custom Halaman Facebook dengan aplikasi – kemudian mengatur tab.

Untuk mengcustom halaman Facebook dengan aplikasi, kunjungi App Center Facebook dan cari aplikasi yang ingin kamu tambahkan dalam halaman Facebookmu. Setelah menemukan aplikasinya, klik icon  untuk mengunjungi halaman aplikasi tersebut. Kemudian, klik icon menu yang ada di cover photo, dan pilih ‘Add App to Page.’

Setelah kamu menambahkan aplikasi, kamu bisa mengatur urutan tampilan mereka pada menu yang ada di Fan Page Facebookmu. Facebook akan secara otomatis menampilkan tab ‘Timeline‘ dan ‘About‘ terlebih dahulu, namun dua aplikasi sisanya bisa kamu atur sesuai keinginan. Selain empat aplikasi yang tampil, aplikasi sisanya akan muncul setelah klik ‘More‘. Pilih menu aplikasi yang terpenting yang akan muncul teratas. Atur urutan menu di ‘Manage Tabs, dan kemudian drag dan letakkan aplikasi untuk mengatur urutan tab.

5) Isi bagian ‘About’ dengan informasi umum dan perjalanan perusahaan.

Jangan lupakan salah satu bagian penting di sini: bagian ‘About‘. Berada di bagian kiri halaman dekat dengan foto profil, bagian ini akan menjadi tempat pertama yang dilihat ketika visitor mengunjungi Fan Page Facebookmu. Visitor juga bisa melihat versi lengkap dari bagian ini dengan klik tab yang ada di bagian paling atas di halaman.

add-milestone

Pastikan kamu mengoptimalkan bagian ini dengan kata-kata yang singkat, padat, dan jelas. Dengan begitu, calon Likers akan dengan mudah mengetahui tentang brandmu sebelum mereka memutuskan untuk klik Like. Untuk mengeditnya kamu bisa klik pada icon pensil. Kamu juga sebaiknya menampilkan bagian ‘Milestones‘ di tab ‘About’. Kamu bisa menampilkan tahun berdirinya perusahaan, kapan perusahaanmu  meluncurkan produk pertamanya, atau ketika kamu menyelenggarakan acara besar. Untuk menambahkan milestone, klik pada bagian  ‘Timeline‘ dan klik pilihan ‘Offer, Event +‘.

6) Posting foto dan video ke Timeline

Mengapa foto dan video? Karena mereka telah terbukti menjadi jenis konten yang paling menarik di Facebook. Alasan lainnya adalah konten ini penting karena kamu Facebook menyediakan aplikasi khusus untuk ‘Photos‘ dan ‘Videos‘ yang secara otomatis akan ditambahkan di setiap Fan Page Facebook. Yang perlu diingat adalah ukuran yang tepat untuk konten multimedia dalam halaman Facebookmu.

7) Pin postingan penting ke halaman teratas profil Facebook.

Ketika kamu memposting konten baru ke halaman Facebook, postingan lama akan terdorong jauh ke bawah Timeline. Namun terkadang kamu ingin postinganmu tetap berada di bagian teratas halaman meskipun kamu sudah mempublikasikan update baru. Untuk menjawab kebutuhanmu, Facebook menyediakan fitur ‘pin to top’ pada satu postingan agar tetap berada di bagian atas halaman Facebookmu. Kamu bisa menggunakan fitur ingi untuk mempromosikan produk barumu, misalnya, event yang akan kamu selenggarakan, atau pengumuman penting tentang produk seperti diskon, dll.

Untuk melakukan hal ini, klik panah kecil yang ada di bagian kanan tiap postingan dan pilih ‘Pin to Top. Positngan tersebut kemudian akan muncul di timeline teratas profil, disertai tanda seperti bendera berwarna oranye di kanan atas.

8) Monitor dan jawab komentar yang masuk ke halaman Facebook.

Berbicara tentang memonitor interaksi fans di halaman Facebook, jangan lupakan kolom komentar. Kamu bisa memonitor dan menjawab semua komentar yang masuk melalui tab ‘Notifications‘ di bagian paling atas. Meskipun tidak harus menjawab semua komentar yang diterima, kamu wajib mengontrol setiap percakapan yang terjadi di sana untuk mengantisipasi terjadinya krisis. Berinteraksi dengan fans itu penting, lakukan dengan rutin untuk menjalin hubungan dan loyalitas.

9) Promosikan Fan Page Facebook untuk mendapatkan lebih banyak pengikut.

Setelah kamu mengisi profilmu dengan berbagai konten dan informasi menarik, sekarang saatnya mempromosikan halaman Facebookmu ke audiens. Tambahkan tombol follow media sosial ke dalam website dan email agar memudahkan visitor website dan penerima email untuk menemukan dan terhubung denganmu di Facebook. Kamu juga bisa mengirimkan link Fan Page Facebookmu secara langsung ke database konsumen untuk memberitahukan pada mereka bahwa kamu bisa dijangkau melalui Facebook. Tanpa promosi, akan susah bagi profil Fan Page Facebookmu untuk berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *