Bagaimana Cara Untuk Menjadi VPS Host?

VPS hosting

Virtual Private Server (VPS) hosting dan reseller bisa menjadi bisnis yang menguntungkan, karena kita tidak harus memiliki data centre sendiri untuk melakukannya. VPS hadir sebagai solusi untuk memenuhi tingginya permintaan atas kebutuhan resource yang lebih dari sekedar shared host dan dengan harga di bawah dedicated server. Berikut adalah beberapa list yang harus kamu tahu jika ingin menjadi VPS host.

1. Reselling

Untuk menjual VPS, yang kita butuhkan adalah sebuah akun reseller dengan penyedia yang lebih besar. Banyak host akan menawarkan akun reseller sederhana, yang memungkinkan kita untuk menjual VPS dengan akses control panel dan manajemen domain.

2. Dedicated server

Memiliki sebuah dedicated server sendiri memberi kita lebih banyak fleksibilitas dan kontrol lebih, tapi biasanya kita juga bertanggung jawab untuk manajemen server sendiri. Kita bisa membayar untuk menyewa sebuah dedicated server, atau membeli hardware sendiri dan membayar untuk menaruh server di data center. Tapi, cara ini berarti kita harus memiliki lisensi virtual private software dan control panel software sendiri, sehingga dalam jangka pendek itu pasti lebih mahal.

3. Licensing

Beberapa paket hosting bisanya sudah termasuk lisensi untuk semua software yang kita butuhkan, tetapi dalam kasus lain kita mungkin bertanggung jawab atas biaya lisensi untuk semua virtual server software, control panels, dan lisensi untuk sistem operasi tunggal pada mesin virtual.

Solusi reseller terbaik memungkinkan kita untuk membuat client account sales dan akan diatur secara otomatis, termasuk semua lisensi yang kita butuhkan. Jika kita menemukan akun yang harus mengatur segala sesuatunya secara manual untuk setiap klien, mungkin kita perlu mencari host yang lebih komprehensif.

4. Dukungan

Klien akan selalu membutuhkan dukugngan dan pemeliharaan untuk mesin VPS mereka. Backups dan pemeliharaan bisa menjadi otomatis tetapi kita harus memiliki pemahaman dasara tentang bagaimana melakukannya. Kita juga perlu memastikan bahwa VPS management software mudah digunakan ketika klien membutuhkan tindakan seperti reboot atau yang lainnya.

Semua host membutuhkan aplikasi ticket support sehingga pelanggan bisa mengajukan masalah atau meminta bantuan di satu lokasi terpusat. Beberapa host VPS biasanya mencakup sistem seperti akun reseller, tetapi dalam beberapa kasus mungkin kita perlu mengatur help desk kita sendiri.

5. Sistem operasi

Tergantung dari kebutuhan klien, kita mungkin perlu untuk menawarkan dukungan beberapa sistem operasi. Sekali lagi, ini diberikan sebagai bagian dari sistem reseller. Jika tidak, kita harus membiasakan diri dengan dasar-dasar pengelolaan Linux dan Windows. Untuk beberapa pengguna teknis mungkin juga membutuhkan SSH shell access dan kemampuan untuk mengkonfigurasi pengaturan DNS.

Banyak VPS hosting bisa otomatis dan dikelola melalui akun reseller. Tapi sebelum kita memulai bisnis, pastikan kita tahu persis bagaimana memenuhi kebutuhan yang akan dihadapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *