Begini Cara Melakukan Social Media Marketing Tanpa Facebook

Social-Media-Marketing-Strategy

Facebook bisa dibilang adalah raja dari semua jejaring sosial, dan sepertinya setiap perusahaan atau website di luar sana menggunakan Facebook untuk membangun brand image mereka secara online. Namun bagaimana jika bukan hanya Facebook yang bisa membantu social media marketing perusahaanmu? Ada banyak platform di luar sana yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan brand image atau traffic website. Berikut ini ada empat alternative yang bisa kamu coba selain Facebook untuk melakukan social media marketing.

Situs Microblogging

Situs microblogging adalah jejaring sosial di mana kamu bisa menyebarkan ke seluruh dunia apa yang ingin kamu sampaikan dalam bentuk yang sangat kecil sekalipun (mikro). Twitter adalah salah satu contoh situs microblogging. Kamu bisa membuat pernyataan atau komentar dalam 160 karakter atau kurang, dan orang-orang yang menjadi followersmu akan bisa melihatnya. Kamu juga bisa membalas tweet ke user lainnya dan melakukan percakapan dengan mereka.

Twitter menjadi salah satu pilihan yang bagus untuk bisnis, terutama ketika perusahaan dan website ingin membagikan informasi yang bermanfaat dan harus melakukan promosi di situs jejaring sosial. Kamu bisa memaksimalkan social media marketingmu melalui Twitter. Jangan lupa untuk memberikan link ke website perusahaanmu untuk bisa menjaring traffic.

Blog

Situs blog, seperti WordPress.com, tumbler.com, dan yang lainnya, kamu harus mendaftarkan perusahaan atau website untuk bergabung ke salah satu di antaranya. Kamu bisa menggunakan platform tersebut untuk mengupdate informasi tentang websitemu, tentang perusahaanmu, dll. Kamu juga bisa menuangkan kreativitasmu dengan menambahkan profil para karyawanmu, testimonial konsumen, dll. Jangan lupa untuk mencantumkan link situs utama di dalamnya agar orang lain bisa menemukannya. Tanya pendapat dan jalin percakapan dengan para visitor dan konsumen. Semakin bagus jika semakin banyak komentar yang masuk.

Tips lainnya, pastikan kamu rutin mengupdatenya dengan konten yang berkualitas dan buat visitor mendaftarkan diri sebagai subscriber agar selalu mendapat notifikasi jika kamu melakukan update. Dengan begini, pengikutmu bisa terus kembali ketika ada konten menarik diupload ke situsmu secara rutin. Buat konten yang bermanfaat dan bisa menambahkan value bagi pembacanya.

Situs Social Bookmarking

Situs social bookmarking adalah cara yang baik untuk pengguna internet membagikan konten favorit mereka dalam website. Beberapa situs social bookmarking di antaranya Digg, Stumbleupon, Reddit, and Del.icio.us. Memiliki fungsi seperti bookmark reguler seperti dalam browser, tapi bisa dilihat publik, dan orang lain bisa mevoting submissionmu. Link yang paling banyak dishare dan divote akan muncul di halaman pertama situs social bookmarking dan tentu akan mendapat banyak traffic dari sana. Situs ini sangat menganjurkanmu untuk submit konten yang mudah dikenali agar divote oleh para user. Kamu juga bisa menambahkan teman layaknya di Facebook. Maka kamu akan mendapatkan banyak traffic dari para pengikut atau temanmu karena mereka akan mendapat notifikasi ketika kamu mengupload konten baru. Selain itu, ketika kamu mencantumkan link ke dalam situs ini, kamu memperkuat SEO dengan membangun back link yang berkualitas untuk websitemu. Sehingga kamu mendapatkan manfaat social networking dan SEO sekaligus.

Situs Video

Finally, adalah situs khusus video. Seperti yang kita tahu, video terus berkembang sebagai jejaring sosial online yang populer. Bahkan sekarang orang-orang menonton video melalui smartphone dan tablet karena internet dan kecepatan proses loading semakin cepat. Saat ini video telah banyak membantu social media marketing setiap situs yang kamu kunjungi, dan lagi, YouTube saat ini menjadi mesin pencari andalan ke-2 setelah Google. Dengan kata lain, orang-orang menggunakan YouTube untuk menemukan jawaban dari segala pertanyaan layaknya mereka menggunakan mesin pencari. Dengan YouTube dan situs video lainnya, kamu bisa menambahkan “subscribers” ke dalam channel videomu. Ini menjadi fitur yang sangat bagus untuk bisnis, terutama bagi brand yang sering membuat konten video secara rutin. Subscribers channelmu akan menerima notifikasi ketika kamu mengupload video baru, jadi minimal kamu akan mendapat visitor website tetap hanya dengan mengupload video menarik secara rutin. Selain YouTube, kamu bisa mencoba Vimeo, Dailymotion, dan situs-situs lainnya untuk memamerkan konten videomu.

Meskipun Facebook mungkin menjadi pemeran utama, tapi sejauh ini perkembangan sosial media marketing sudah banyak memberikan berbagai pilihan untuk membangun followers yang berbasis online. Jika kamu fokus pada empat hal di atas kamu akan mengalami peningkatan traffic website, di mana hal itu bisa sangat bermanfaat bagi penjualan bisnismu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *