Google+ Dan Sekelumit Fitur Keamanan Di Dalamnya

google+

Apakah kamu memiliki akun Google+? Apa saja keuntungan Google+ dibanding situs jejaring sosial lainnya? Bagaimanakah privasi dan fitur keamanan yang ditawarkan oleh Google+?

Facebook, pesaing utama Google+ telah menyesuaikan pengaturan privasi dan keamanan dari waktu ke waktu, yang didasarkan pada kepentingan pengguna dan faktor lainnya. Facebook telah memiliki sistem yang cukup kuat mulai dari opt-in, opt-out, group, dan langkah-langkah keamanan dan privasi pertemanan yang masih terus dikembangkan saat ini.

Hal ini akhirnya membuat para pengembang Google+ apakah mereka ingin mengikuti jejak Facebook atau mengembangkan fitur keamanan dan privasi sendiri yang sama sekali berbeda dari Facebook.

Berikut adalah beberapa tips bagaimana memaksimalkan opsi keamanan dan privasi yang ditawarkan Google+ untuk membuat akun Google+mu lebih aman.
Untuk memulai, klik ikon gear di sudut kanan atas dari halaman utama Google+.

1. Batasi visibilitas Google+ circles untuk meningkatkan privasi

Kecuali jika kita ingin semua orang dapat melihat siapa teman-teman kita, mungkin kita ingin membatasi akses untuk informasi ini.

Untuk membatasi siapa saja yang dapat melihat teman-teman kita dan circles ikuti langkah berikut ini:

  • Klik link “Profile and Privacy” dari halaman “Google+ Accounts”
  • Klik tombol “Edit Network Visibility” dari bagian halaman “Sharing”

Hapus tanda centang pada kotak “Show People In” jika tidak ingin orang lain dapat melihat siapa teman-teman kita, termasuk circle kita. Pilihan lain adalah mengabaikan box checked, dan menentukan apakah teman kita dapat melihat siapa saja yang ada di lingkaran kita, atau kita bisa membiarkan orang lain melihat informasi ini.

Secara default, pengaturan ini memungkinkan orang lain untuk melihat siapa saja yang berada di lingkaran kita.

Jika ingin lebih pribadi, kita dapat mencegah orang lain tahu siapa yang kita tambahkan ke dalam lingkaran kita dengan menghapus tanda centang pada “Show people who have added you to circles” di bagian bawah “Edit Network Visibility” kotak pop-up.

2. Batasi akses ke bagian profil pribadi jika tidak ingin berbagi dengan orang lain

Penjahat cyber sangat senang mencuri rincian pribadi seseorang seperti dimana dia tinggal, bersekolah, bekerja, dll. Rincian ini adalah tambang emas bagi mereka. Jika kita membuat informasi ini tersedia untuk umum, itu jelas menjadi sasaran empuk bagi para penjahat cyber. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan membatasi akses ke sebagian besar rincian profil pribadi, sehingga hanya teman-teman kita yang dapat melihat informasi ini.

Jika kita melihat sebuah ikon globe di Google+, itu artinya kita berbagi item dengan seluruh dunia, bukan hanya dengan orang-orang yang ada dalam lingkaran kita.

Untuk membatasi bagian-bagian tertentu dari profil kita agar dapat dilihat hanya oleh orang-orang dalam lingkaran kita adalah dengan cara:

  • Klik link “Profile and Privacy” dari halaman “Google+ Accounts”.
  • Klik link “Edit visibility on profile” dibawah bagian halaman “Google Profiles”.

Pada halaman yang terbuka, klik setiap item pada profil untuk memodifikasi pengaturan visibilitas. Klik kotak drop-down dan ubah item yang tidak ingin kita bagikan kepada dunia luar.

Klik tombol “Done editing” di bar merah di dekat bagian atas layar ketika selesai memodifikasi visibilitas profil.

Jika tidak ingin informasi kita muncul di mesin pencari, hapus tanda centang pada kotak “Help others find my profile in search results” dari “Search visibility” di bagian bawah halaman.

3. Batasi visibilitas post dalam Google+ stream

Google+ memungkinka kita untuk membatasi visibilitas posting (update status, foto, video, link, dll). Ketika kita memposting sesuatu di Google+ stream di homepage, lihat kotak dibawah text box yang kita gunakan untuk menulis sesuatu. Kita akan melihat kotak biru dengan nama lingkaran default (friends). Hal ini menunjukkan post yang kita buat dibagikan ke teman-teman kita. Kita dapat menghapus visibilitas post dengan mengklik tanda “X” di dalam kotak biru. Kita juga dapat menambah atau menghapus kemampuan individu atau yang berada dalam lingkaran untuk melihat post.

Sama seperti halnya seperti jejaring sosial lainnya yang terus berkembang, Google+ pasti akan selalu memperbarui maupun memperbaiki fitur privasi tambahan dan opsi keamanan situs mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *