Ini Dia Trik SEO Terbaik untuk Artikelmu

How-to-Choose-Keywords-for-Your-Press-Release

SEO tidaklah sesulit yang dikira. Percaya atau tidak, trik SEO yang ampuh untuk artikelmu hanya membutuhkan sedikit tips dalam pengoptimasiannya! Berikut ini adalah trik SEO terbaik dan termudah untuk membuat ranking artikelmu semakin naik dalam jajaran hasil pencarian di search engine.

1. Gunakan Kata Kunci pada Bagian Judul

Jika kamu belum melakukan riset keyword sebelumnya, sekaranglah saatnya. Kamu pasti membutuhkan daftar keyword yang paling sering dicari untuk menjadi landasan artikelmu. Gunakan keyword yang mendapatkan lebih dari 1,000 total pencarian atau lebih. Ada banyak tools gratis yang bisa kamu gunakan untuk menemukan keyword  yang kerap kali dicari, salah satunya adalah SEOBook.

Setiap artikel sebaiknya hanya memiliki satu “primary keyword”. Contohnya, jika kamu menulis artikel tentang cara melatih anjing, keyword utama sebaiknya adalah “melatih anjing”. Ini akan menjadi topik fokus dalam artikelmu. Mulai artikelmu dengan menggunakan keyword yang telah dipilih tersebut di awal judul. Misalnya, judul artikelmu adalah “Tips Ampuh Melatih Anjing Peliharaan.”

2. Gunakan Kata Kunci di Awal Deskripsi

Tempat kedua yang harus terdiri dari keyword yang telah dipilih sebelumnya adalah di awal deskripsi artikel. Setiap artikel setidaknya membutuhkan 150-160 karakter untuk bagian deskripsi (banyak tools yang bisa diintegrasi dalam WordPress yang akan memandumu dalam pengisian ini), dan ketika kamu menuliskannya, pastikan untuk menuliskan keyword utama terlebih dahulu. Mungkin ini agak sulit karena bergantung pada kata kunci yang telah dipilih, tapi dengan mengerahkan kreatifitas kamu akan bisa merangkainya menjadi kalimat yang baik. Deskripsi yang dibuat sebaiknya berupa uraian singkat yang memberitahukan pembacamu tentang apa isi artikelmu dan ketika menggunakan tools WordPress yang tepat, uraian tersebut akan muncul di bawah judul artikel dalam hasil pencarian di mesin pencari. Namun harus diingat, munculkan keyword jangan lebih dari dua kali dalam deskripsi karena jika dalam artikel sendiri kamu sudah banyak menggunakan keyword, ditambah dua kali pengulangan keyword dalam deskripsi bisa-bisa artikelmu dianggap sebagai spam.

3. Gunakan Kata Kunci di Awal Paragraf Pertama

Ketika kamu memulai artikelmu, pastikan paragraf pertama mengacu pada keyword utamamu. Lagi-lagi, kemampuan ini membutuhkan banyak latihan agar tetap natural. Tipsnya adalah dengan mengambil uraian deskripsi dan mengembangkannya menjadi paragraf awal. Kadang kala uraian deskripsi dapat dijadikan kalimat pokok pada paragraf awal, hanya saja dibuat menjadi lebih panjang.

4. Buat Link dari Kata Kunci

Pastikan untuk me-hyperlink keyword utama yang sudah kamu gunakan di awal paragraf tadi. Apakah kamu akan membuat hyperlink lagi di sisa artikel atau tidak, sebaiknya ada minimal satu hyperlink di awal artikel. Ini akan meningkatkan ranking dari keyword dan artikelmu sendiri di mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing.

5. Gunakan Frase Tersebut Kira-kira Sekali atau Dua Kali Tiap 100 Kata

Ketika menulis artikel, kamu sebaikanya memunculkan kata kunci sebanyak satu hingga dua kali setiap 100 kata, atau mungkin kurang dari itu. Definisi dari keyword density adalah frekuensi penggunaan kata yang digunakan dalam sejumlah kata di artikel. Jika kamu menggunakan kata kunci terlalu banyak, kamu akan dianggap spam atau “keyword stuffing.” Selain itu, ketika kamu menggunakan kata kunci terlalu banyak, artikel tidak akan terlihat natural dan pembacamu akan merasa tidak nyaman saat membacanya.

Jika kamu menggundakan kata kunci yang sudah dipilih kira-kira satu atau dua kali setiap 100 kata, kamu membuat keyword density sebanyak 2-3%. Banyak ahli SEO mempertimbangkan bahwa 1-3% keyword density suda dianggap cukup optimal, jadi kamu sudah membuatnya lebih dari itu tanpa harus menjadi berlebihan dan dianggap spam. Apakah ada trik SEO lainnya yang bisa kamu bagikan? Silakan tambahkan di kolom komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *