Punya Barang Keren Untuk Cowok? Ini Cara Targeting Market Via Pinterest

pinterest

Pinterest adalah salah satu channel pemasaran media sosial yang populer untuk retailers. Menurut sebuah studi dari Javelin Strategy & Research, rata-rata nilai order dari Pinterest adalah $123.50, 126 persen lebih tinggi dari rata-rata nilai order pengguna Facebook.

Namun, untuk pertumbuhan pendapatan, Pinterest harus membalikan persepsi bahwa situs jejaring sosial ini adalah untuk perempuan saja.

Awal tahun ini, Pinterest mengumumkan rilis fitur guided search, yang menunjukkan hasil pencarian berdasarkan jenis kelamin pengguna. Pinterest mengatakan bahwa perubahan ini menyebabkan peningkatan keterlibatan dan basis pengguna laki-laki meningkat sebesar 73 persen pada tahun 2014.

Dengan semakin bertumbuh pesatnya pengguna pria di Pinterest, sekarang mungkin adalah waktu yang tepat bagi retailers menargetkan pelanggan pria sebagai target pemasaran.

Berikut adalah 5 tips targeting pemasaran di Pinterest untuk pengguna pria.

1. Ikuti boards targeting minat pria

Untuk lebih memahami audiens, kamu harus mengikuti boards targeting minat pria lainnya, karena itu memungkinkan kita untuk melihat jenis konten apa yang disukai oleh target audiens di Pinterest.

Ikuti boards yang berhubungan langsung dengan produkmu sendiri dan konten, tetapi juga cari konten terkait lainnya yang mungkin menjadi minat audiensmu. Pakaian pria, teknologi, travel dan berkebun adalah minat utama bagi pria, sementara geek, mobil, sepeda motor, dan fashion pria tumbuh menjadi kategori yang paling diminati dari 2012-2104.

2. Pin gambar yang menarik bagi pria

Lakukan pin gambar yang menarik bagi pria secara konsisten di boardsmu sendiri, karena itu dapat membantu meningkatkan pengikutmu di Pinterest.

Pinterest feed dan guided search akan menampilkan pin berdasarkan gambar yang kita pinning, jadi pin gambar yang benar-benar menarik bagi pengguna pria.

3. Target spesifik pria menggunakan Pinterest promoted pins

Pinterest kini memiliki fitur promoted pins, atau pin berbayar bagi bisnis untuk mendapatkan perhatian lebih. Salah satu yang menarik dari promoted pins adalah bahwa kita bisa menargetkan pin untuk pria, wanita, atau bahkan keduanya. Jika produkmu ditargetkan untuk pria, maka secara khusus kamu bisa memilih untuk menargetkan hanya untuk laki-laki saja dengan iklan Pinterest.

4. Tingkatkan audiens pria di luar Pinterest

Sebagian besar brands memiliki pengikut besar di media sosial atau channel lainnya untuk meningkatkan audiens mereka. Kamu dapat menggunakan pemasaran konten untuk meningkatkan traffic website dan mengirim beberapa orang pembaca untuk mengikutimu di Pinterest.

Cara paling mudah adalah dengan menargetkan audiens pada channel yang aktif mereka gunakan. Banyak channel media sosial yang akan memperlihatkan demografi audiens mereka dan membayar iklan pay-per-clik seperti channel AdWords yang memungkinkan untuk menargetkan berdasarkan gender serta demografi dan kepentingan lainnya.

Kamu juga bisa mendorong pelanggan saat ini atau berlangganan email untuk mengikuti di Pinterest, yang dapat meningkatkan berbagi sosial konten Pinterest.

5. Terapkan taktik umum pemasaran Pinterest

Terakhir, taktir pemasaran Pinterest tetap masih berlaku. Pinning secara konsisten dan menyertakan kata kunci pada pins dan boards dapat membantumu mudah ditemukan pada pencarian Pinterest.

Pastikan kamu juga mendaftar akun bisnis untuk mendapatkan akses ke Pinterest tools yangg berguna lainnya, termasuk analisis dan promoted pins.

Tidak seperti tweet dan Facebook shares, Pinterest pins 100 kali lebih viral dari tweet dan dapat memiliki efek jangka panjang. Bahkan menurut studi dari Piquora, 50 persen dari kunjungan terjadi 3.5 bulan setelah pinning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *