Ulasan Produk: 5 Trik Ampuh Mendapatkan Review Positif

ulasan produk

Tidak ada cara berbicara dengan pelanggan yang lebih baik dari testimonial atau ulasan produk. Ini adalah sesuatu yang memangkas semua jargon dalam pemasaran dan memberitahu Anda tentang produk atau layanan apa.

Pemasaran bisa memberitahu calon pelanggan bagaimana Anda dapat membantu kehidupan mereka.

Mengutip kutipan dari Mark Zuckerberg: “Orang bisa mempengaruhi orang. Tidak ada yang bisa mempengaruhi orang melebihi rekomendasi dari teman-teman mereka sendiri yang terpercaya. Sebuah rekomendasi yang terpercaya dapat mempengaruhi orang lebih dari broadcast message terbaik sekalipun.”

Tapi, ketika Anda meluncurkan sebuah produk, bagaimana untuk mendapatkan testimonial sebagai bukti sosial?

Jawabannya adalah dengan melibatkan mereka dalam proses pengembangan produk, dan inilah caranya:

1. Masa percobaan (free trials)

Kebanyakan orang suka dengan hal-hal yang gratis. Mereka juga senang menjadi yang pertama untuk mencoba sesuatu. Onboard orang sebanyak-banyaknya pada tahap awal peluncuran produk. Minta mereka untuk memberikan feedback dan ketika mengembangkan produk jangan mengabaikan mereka. Ketika masa percobaan gratis berakhir, berterima kasihlah kepada pelanggan yang telah menggunakan produk Anda dan bertanya, “Apakah kamu juga merekomendasikan produk kami kepada keluarga dan teman-temanmu? Jika demikian, mengapa?” Jika Anda tidak mendapatkan respon, tawarkan kepada mereka untuk memperpanjang percobaan gratis sebagai hadiah untuk berkomentar.

Dan, selamat! Anda memiliki testimonial!

2. Sambutan yang baik

Pada akhir tahun 90-an, Harvard Business Review menerbitkan sebuah artikel tentang Experience Economy, yang menjelaskan bahwa “Komoditas adalah barang fungible, barang berwujud, jasa tidak berwujud, dan pengalaman tak terlupakan.”

Pernyataan ini masih dipercaya sampai 17 tahun kemudian. Dalam dunia jual-beli dimana sering kali dilakukan secara online, bisnis perlu untuk memaksimalkan efisiensi, terutama hubungan pribadi dengan pelanggan.

Contohnya, Small Business BC’s Best Community Impact Winner Christina Platt, pendiri Bamboletta Dolls tahu semua yang terbaik. Setiap boneka buatan tanganya memiliki nama dan cerita. Serta masing-masing boneka yang dikirim dilengkapi dengan adoption certificate dan petunjuk perawatan.

Sentuhan-sentuhan pribadi membuat boneka ini begitu populer dan membuat para penggemarnya mengirim begitu banyak ucapan terima kasih dan rekomendasi di media sosial.

Ambil langkah mundur, pertimbangkan apa yang bisa Anda lakukan untuk membuat hubungan pribadi atau bagaimana membuat sebuah pengalaman bagi pelanggan dalam menggunakan produk Anda. Jika Anda tidak mendapatkan testimonial, Anda bisa menghubungi pelanggan dan menanyakan bagaimana dengan produk yang telah mereka gunakan, apa yang mereka pikirkan tentang produk itu dan apakah mereka mau merekomendasikan produk tersebut.

3. Meminta Volunteers

Apakah Anda tergabung ke dalam group LinkedIn atau Meetup? Atau apakah Anda bagian dari local BIA atau Chamber of Commerce?

Komunitas ini bisa menjadi tempat yang sempurna untuk menemukan tester yang bersedia mereview peroduk Anda dan memberikan feedback yang jujur.

Jika pengalaman mereka adalah positif, Anda bisa menanyakan apakah Anda bisa menggunakan komentar mereka sebagai testimoni.

4. Membangun Hubungan dengan para ahli yang terpercaya

Bangun hubungan dengan para ahli di bidang Anda dan meminta mereka untuk memberikan feedback. Cara ini sukses digunakan oleh Small Business BC’s Best Online Marketer Award Winner Jennifer Wilson, Owner dan Pendiri VONBON yang digemari oleh bloggers ibu-ibu dan ibu-ibu baru baru yang terkenal dengan contoh produknya. Kagum dengan produknya, kemudian mereka berbagi testimonial di media sosial mereka sendiri dan website.

Tapi bagaimana cara mendekati para ahli ini yang mendapatkan banyak permintaan? Jadilah diri Anda sendiri. Mulailah percakapan dengan mereka di media sosial. Memperkuat hubungan Anda. Meminta saran mereka. Kemudian kirimkan produk Anda sebagai ucapan terima kasih dan menunggu testimonial.

5. Mengajak orang untuk menguji versi beta

Semua produk melalui beberapa revisi. Apakah itu bagian dari perangkat lunak atau pendukung, dapatkan pelanggan untuk ikut terlibat dalam proses pengembangan. Tidak peduli seberapa jelas tentang bisnis yang Anda inginkan, Anda harus meminta pelanggan yang sebenarnya jika ingin mencapainya. Jadi, sebaiknya Anda tetap melibatkan pelanggan dari awal dan membiarkan mereka tahu jika Anda ingin feedback yang jujur dan berguna dari mereka. Tidak hanya akan membantu untuk mengembangkan bisnis Anda, tapi hal itu akan memberikan beberapa testimonial yang baik untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *